24 Februari 2008

MENGAMPUNI KESALAHAN SESAMA

“Tetapi jika kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu”

( Matius 6 : 15 )

Salah satu perintah Tuhan Yesus bagiNya adalah “mengampuni kesalahan sesama”. Apabila kita tidak mengampuni kesalahan orang lain, maka Tuhan juga tidak akan mengampuni kesalahan kita. Demikianlah pentingnya mengampuni kesalahan sesama.

Ada sebuah kisah dari Spanyol tentang seorang ayah dan anaknya yang bertengkar. Karena pertengkaran tersebut maka sang anak kabur dari rumah. Kepergian sang anak ini membuat sang ayah menyesal. Kemudian sang ayah berusaha mencari sang anak, tetapi tidak ditemukannya. Sampai akhirnya ditengah – tengah keputus – asaannya sang ayah memasang iklan di suatu surat kabar. Dalam iklan itu dituliskan : Paco terkasih, temuilah aku di depan kantor surat kabar ini hari Sabtu siang. Semua kesalahanmu sudah kumaafkan. Ayah menyayangimu. Dari ayahmu. Apa yang terjadi ? Di Sabtu siang itu ada 800 orang bernama Paco berkumpul di depan kantor surat kabar itu untuk mencari pengampunan dan kasih saying dari ayah mereka.

Begitulah banyaknya orang yang menantikan pengampunan dan kata maaf dari orang – orang yang mereka kasihi. Apabila kata maaf lebih banyak diucapkan, mungkin dunia ini akan menjadi sangat indah. Demikian juga gengsi kita singkirkan jauh – jauh dan kita mau dengan rendah hati memberikan pengampunan, kita akan bisa menikmati sisa hidup ini dengan kedamaian di hati. Namun betapa banyak orang yang menahan kata maaf demi harga diri. Sehingga setelah semuanya terlambat, hanyalah penyesalan yang terjadi.

Apakah sampai saat ini kita masih menahan kata maaf bagi sesama kita ? Jangan menunda mengampuni. Jangan menunggu sesama kita berubah menjadi layak untuk menerima pengampunan. Karena Tuhan Yesus telah melakukan pengampunan kepada kita yang semestinya tidak layak di hadapanNya. Mari kita bersedia mengampuni. Amin.

Oleh : Pnt. Chornelius Ayupanta,BA

Tidak ada komentar: