10 Februari 2008

TAKUT AKAN TUHAN

Bacaan : Mazmur 112 : 1 – 10

Nats : ayat 1

Sudah sering kali umat Tuhan diingatkan agar takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan bukanlah takut seperti kita menghadapi hantu atau menghadapi sesuatu yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Tetapi takut akan Tuhan ialah satu sikap iman yang menghormati Tuhan atas kasih dan kebaikanNya yang telah kita terima. Maka nyata bahwa takut akan Tuhan adalah syarat mutlak yang tidak dapat ditawar lagi dalam kehidupan orang Kristen. Sebab bila orang Kristen sudah tidak punya rasa takut akan Tuhan maka ia akan berani melakukan hal – hal yang jahat bahkan dapat lebih jahat dari kelakuan orang fasik.

Tuhan telah memberikan perintah dan hukumNya pada manusia dan ini bukan karena Tuhan itu sok kuasa atau Tuhan itu ingin menyengsarakan manusia. Tetapi dia ingin supaya manusia yang taat dan takut akan Tuhan ini dituntun untuk menerima hidup yang berbahagia. Seperti yang dijanjikan Tuhan dalam nats kita pada saat ini.

Ada banyak kehancuran hidup orang percaya yang diawali dari sikap hidup yang tidak mau taat dan takut akan Tuhan. Orang – orang ini biasanya hanya takut dengan adanya sanksi atau hukuman saja dan bukan karena mereka benar – benar percaya akan kekuasaan Tuhan yang dapat mengetahui setiap jalan hidup yang ditempuh oleh manusia. Sehingga ketika mereka tidak melihat adanya sanksi atau hukuman secara langsung, maka saat itulah mereka merasa memiliki kesempatan untuk berbuat dosa.

Tetapi saat ini kita boleh mendengar pengajaran dari pemazmur : berbahagialah orang yang takut akan Tuhan yang suka akan segala perintahNya. Anak cucunya akan perkasa di bumi, angkatan orang benar akan terberkati.

Kita adalah orang – orang telah terberkati karena kita diperbolehkan mendengar dan menerima janji yang indah dari Tuhan ini. Dan janji ini akan benar – benar menjadi bagian dalam hidup kita jika kita mau taat dan takut akan Tuhan. AMIN.

Oleh : Pdt. Nike Lukitasari Ariwidodo

Tidak ada komentar: