06 Januari 2008

Jadikanlah dirimu yang terbaik!

Galatia 6 : 4-5.


Perjalanan hidup itu bagaikan orang yang sedang melakukan pencarian, tidak jarang dalam pencarian itu orang menghadapi berbagai rintangan yang menghambat. Ada yang berhasil menemukan dan ada yang gagal. Lantas apa sih yang seharusnya dicari manusia: yang seharusnya dicari adalah makna hidup.

Kegagalan menyebabkan kita kecewa dan merasa bersalah. Sementara itu keberhasilan dapat menyebabkan kita takabur dan tidak waspada. Agar pencarian itu tetap berlanjut maka perlu dibutuhkan keberanian menghadapi kesulitan, dan pantang mundur. Memusatkan pada kemampuan dan kekuatan diri untuk menghidupkan pengharapan – pengharapan dan motivasi untuk kelanjutan pertumbuhan hidup kita. Tidak perlu dalam hidup kita melakukan penghakiman pada pihak lain ataupun diri sendiri. Kemarin, sudah tidak ada atau sudah berlalu, besok – belum ada. Yang ada adalah hari ini dan itu ada kawatirnya sendiri – riil, nyata, kini dan di sini.

Ada beberapa hal yang patut direnungkan, misalnya seperti berikut: bahwa yang berarti adalah bukan pada apa yang anda beli, tetapi yang anda bangun dan ciptakan.Yang berarti bukan yang anda peroleh, tetapi yang anda berikan.

Yang berarti bukanlah keberhasilan anda tetapi signifikasi anda. Yang berarti bukanlah yang anda pelajari, tetapi apa yang anda ajarkan bagi orang lain.Yang berarti, setiap tindakan yang disertai integritas tinggi, bela rasa, keteguhan dan pengorbanan yang dapat memperkuat atau meneguhkan orang lain untuk dapat meneladani anda Yang berarti bukanlah kompetensi anda, tetapi karakter anda.

Be your best! Jadikan diri anda yang terbaik. Mulailah dari diri sendiri, perbaiki diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan Tuhan dan berdamai dengan sesama. Jika pencarian hidup itu menyangkut perubahan nasib, nasib tidak ditentukan oleh orang lain. Nasib tidak menunggu ditentukan oleh orang lain. Yang dapat mengubah nasib anda, adalah diri anda sendiri.

Selamat berjuang di tahun baru ini.

Oleh : Pdt. Tanto Kristiono.

Tidak ada komentar: